Bacaan Doa Tata Cara dan Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri Lengkap Arab Latin

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri Lengkap - Sholat Sunat Idul Fitri di laksanakan di hari raya lebaran tepatnya pada tanggal satu syawal setelah menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan satu bulan penuh, yang mana hari raya Idul Fitri tersebut merupakan hari kemenangan bagi umat Islam di seluruh dunia.

Hari raya lebaran idul fitri tentu saja sangat di nanti-nantikan oleh umat muslim karena di hari tersebut sangat banyak keutamaan-keutamaan dalam mengerjakan ibadah terutama dengan melaksanakan sholat sunat ied idul fitri karena sholat idul fitri memiliki keutamaan yakni keutamaan sunat mu'akad atau sholat sunat yang sangat di anjurkan, akan tetapi banyak ikhtilaf para ulama mengenai hukuman sholat sunat ied tersebut ada ulama yang menyatakan fardhu ain dan ada juga yang menyatakan fardhu kifayah.

Sholat sunat idul fitri di laksanakan ketika terbitnya matahari di pagi hari kira-kira jam enam hingga jam tujuh, dalam tata cara pelaksanaan shalat idul fitri pun berbeda dengan shalat pada umumnya, yakni dalam sholat ied pada raka'at pertama di awali dengan tujuh kali Takbiran dan pada raka'at ke dua lima kali takbiran di setiap sela Takbiran di sunatkan membaca kalimah Tasbih.

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri

Cara Mengerjakannya :

1. Pada pagi hari tanggal 1 Syawal, sesudah kita menunaikan shalat subuh dan sesudah kita mandi sunah Hari Raya, lalu berangkatlah menuju masjid atau tanah lapang dengan memperbanyak mengucapkan takbir.

2. Setelah tiba di masjid, maka sebelum duduk shalat tahiyatul-masjid dua rakaat. Kalau ditanah lapangan tidak ada tahiyatul-masjid, hanya duduklah dengan ikut mengulang-ulang bacaan takbir, sampai mulai shalat Id itu.

3. Niat / Lafadzhnya yaitu sebaga berikut :

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

"Ushallii sunnatal-li'iidil-fitri rak'ataini lillahi ta'aalaa.
Artinya:
"Aku niat shalat sunah 'Idul Fitri dua raka'at karena Allah Ta'ala."

4. Pada rakaat pertama : Sesudah niat mula-mula membaca takbiratul ihram kemudian membaca doa iftitah, selanjutnya takbir 7 kali dan setiap habis takbir disunahkan membaca :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Subhaanallahi wal-hamdu lillaah wa laa ilaaha illallah wallaahu akbar.

Artinya :
Maha Suci Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar

Setelah takbir 7 kali dan membaca tasbih tersebut. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan disambung dengan membaca surat yang disukai, dan lebih utama membaca surat Qaf atau surat Al-A'la (Sabbihisma Rabbikal-a'laa).

5. Pada raka'at kedua, sesudah berdiri untuk raka'at kedua membaca takbir 5 kali, dan setiap takbir disunahkan membaca tasbih seperti pada raka'at pertama.

Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan dengan bacaan surat yang kita kehendaki, tetapi lebih utama membaca surat Al-Ghasiyah. Bacaan itu dengan suara yang nyaring. Imam menyaringkan yakni mengeraskan suaranya pada waktu membaca surat Al-FATIHAH dan surat-surat lainnya, sedangkan makmum tidak nyaring.

6. Shalat ini dikerjakan dua raka'at dan dilakukan sebagaimana shalat-shalat lainnya.

7. Khutbah dilakukan sesudah shalat 'Id dua kali, yaitu pada khutbah pertama membaca takbir 9 kali dan pada khutbah kedua membaca takbir 7 kali dan pembacaannya harus berturut-turut.

8.Dalam isi dari khutbah Sholat idul fitri Hendaknya berisikan mengenai tentang pembahasan yang berhubungan dengan niat zakat fitrah

Adapun untuk anjuran yang di sunatkan yang mesti di laksanakan pada hari raya idul fitri antara lain :
  1. Di sunatkan mendahulukan makan sebelum hendak berangkat ke mesjid untuk Sholat ied.
  2. Di sunatkan mandi keramas sebelum berangkat melaksanakan sholat ied.
  3. di sunatkan menggunakan minyak/yang wangi-wangian dan menghiasi tubuh dengan pakaian yang sopan dan rapih.
  4. Memperbanyak membaca gema takbiran

Dan itulah tadi sekilas artikel pembahasan mengenai cara niat sholat idul fitri, semoga apa yang kami sampaikan ada manfaatnya khususnya bagi kami dan umumnya untuk kita semua yang hendak menyempatkan waktu untuk mampir dan membaca artikel ini, mohon maaf bila ada kata yang salah dan kami ucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1437 H/2016 M mohon maaf lahir dan batin, sekian dan terimakasih.