Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Arab Latin dan Artinya

Lafadz Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Arab Latin - Assalamu'alaikum Wr,Wb. Belajar pada umumnya merupakan suatu kewajiban yang jangan pernah untuk kita tinggalkan baik sejak kanak-kanak remaja dan juga dewasa karena pada hakikatnya hidup adalah belajar dan terus belajar hingga saat ajal menjemput kita sesuai dalam katerangan "belajarlah dari mulai kita lahir hingga ajalmu berakhir", yang dimkasud belajar tersebut yakni belajar dalam apa saja yang bersipat baik, terutama belajar mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan perbanyak ibadah/beramal baik.

Namun yang akan kami tulis dibawah ini sebuah doa yang di khususkan biasanya untuk belajar dalam mencari ilmu agama atau juga mencari ilmu umum dalam artian belajar apa saja yang sekirana baik dan bermaslahat, misalnya ketika akan belajar di pesantren, doa mau belajar di sekolah atau di tempat-tempat pengajian umum maka hendaklah mendahulukan membaca doa memintalah yang terbaik kepada Allah SWT agar di mudahkan, diberikan faham dalam segala hal belajar dengan apa yang kita pelajari.

pada kesempatan ini kami akan membahas dan akan menuliskan untuk bacaan doa sebelum belajar dan doa sesudah belajar di sekolah atau di pesantren di kumpulkan dalam kumpulan doa sebelum belajar sesuai sunnah, di tulis secara lengkap dalam tulisan arab, latin dan juga artinya, dari itu dengan doa sebelum belajar juga menjadikan sebuah adab atau tatakrama yang baik kita ketika hendak akan belajar, sehingga tidak gegabah dalam belajarnya. berikut bacaan do'anya.

Lafadz Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Lengkap Arab Latin

Bacaan Doa sebelum belajar :

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا
اَللهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَ وَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

ALLOOHUMMA AKHRIJNAA MIN DZULUMAATILWAHMI WA AKRIMNAA BINUURIL FAHMI WAFTAH'ALAINAA BIMA'RIFATIKA WASAHHIL LANAA ABWAABA FADL-LIKA YA ARHAMAR ROOHIMIINA

Artinya :
"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman.
Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang".


Bacaan Doa sesudah belajar :

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

ALLOOHUMMA INNII ASTAUDI'UKA MAA 'ALLAMTANIIHI FARDUD-HU ILAYYA 'INDA HAAJATII WA LAA TANSANIIHI YAA ROBBAL 'ALAAMIINA

Artinya :
"Ya Allah! sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam".

Bacaan doa sebelum belajar dan selepas belajar yang kami tulis diatas merupakan salah satu bacaan doa mau belajar yang cukup singkat agar mudah dan gampang untuk di fahami lalu di hafalkan dan diamalkan, dan masih ada lagi bacaan-bacaan doa lainnya yang mesti kita amalkan ketika hendak akan belajar.

Setelah kita menghafal doa belajar diatas alangkah baiknya jika kita terapkan kepada anak atau siapa saja dari keluarga kita yang masih di meja belajar pendidikan awal atau dasar untuk senantiasa dihafalkan dan di biasakan sejak kecil sehingga setelah dewasa nanti mereka akan mersa terbiasa dengan berdoa, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat sekian dan terimakasih.