Tata Cara Dan Niat Shalat Hajat Yang Mustajab Lengkap Bacaan Doanya

Tata Cara Dan Niat Sholat Hajat Mustajab Lengkap Dan Bacaan Doanya - Dalam kesempatan ini marilah kita sama-sama pelajari mengenai sholat sunah hajat yang di lengkapi dengan bacaan niat sholat hajat, tata cara melaksanakan shalat hajat dan doa sholat sunat hajat mustajab, Sholat Sunnat Hajat adalah sholat sunnah yang di kerjakan karena ada "hajat" atau keperluan dan keinginan baik hajat kepada Alloh Swt. maupun hajat-hajat kepada sesama manusia. Umpamanya:

  • Mohon kepada Alloh Swt agar di berhasilkan dalam segala ujian/tempuhan.
  • Mohon di kabulkan dengan apa yang di cita-citakan.
  • Mohon perlindungan Alloh dari sesuatu bencana dan lain-lain.

Nah disini kita akan sedikit membahas mengenai sholat sunat hajat dan tata cara sholat hajat dan bacaannya, juga untuk niat sholat hajat.
Mohon pertolongan melelui sholat adalah di anjurkan oleh agama Islam, sebab ada firman Alloh yang berbunyi:
WASS TAIINUU BISH SHOBRI WASH-SHOLAAH
Artinya: Dan mintalah pertolongan (kepada Alloh) dengan sabar dan bersholat! (Al-baqarah ayat 45).

Kemudian sabda Rosululloh saw.:
Barang siapa yang berwudhu dengan sebaik-baiknya, lalu Sholat dua raka'at, maka apa saja yang di minta akan di penuhi Alloh ta'ala dengan segera ataupun lambat. (Hadist riwayat Ahmad)

Tata Cara Melaksanakan Sholat Hajat Dan Bacaan Doanya

Waktunya :

Kapan saja, siang ataupun malam. Akan lebih baik apabila dikerjakan pada waktu malam, sekitar jam 24.00 - 02.00 - 03.00 WIB. (waktu-waktu turunnya rakhmat Alloh atau waktu sa'atul ijabah), sebelum atau sesudah melaksanakan Sholat tahajud.

Banyaknya :

Dua raka'at. Ada juga yang meriwayatkan empat raka'at, 12 raka'at, pertingkahnya berbeda-beda banyak ragam cara mengerjakannya.
Belum lagi mengikuti cara sholat sunnatnya seorang Waliyulloh Syekh Muhyidin Abdul Qaadir Aljaelani. (tanyakan kepada ahlinya)

Niatnya :

Tata Cara Melakukan Sholat Hajat Dan Bacaan Doanya

Surat yang dibaca :
A. Raka'at awwal ba'da Fatihah baca surat Al-Kafiruun (Qulya Ayyuhal Kafiruun) 10 kali.
B. Raka'at kedua ba'da Fatihah baca surat Al-Ikhlas (Qulhuwallohu Ahad) 10 atau 11 kali.
Dan setelah "salam" sujud kembali satu kali. Memohon kepada Alloh Swt. hajat (hasrat) hati dengan sungguh-sungguh, dengan sepenuh harapan. Insya Alloh di kabulkan apa yang kita hajatkan.

Berikut do'anya yang harus dibaca setelah melaksanakan sholat tersebut :

Tata Cara Melakukan Sholat Hajat Dan Bacaan Doanya

Kemudian memanjatkan do'a lagi memohon ampun kepada Alloh Swt, dan memohonkan apa saja yang kita hajatkan. Sudah barang tentu apa yang kita mohonkan yang baik-baik! Dan di lanjutkan membaca sholawat Bani Hasyim sebanyak 100 kali atau sholawat munfarijah 100 kali.

Demikian mengenai Niat Sholat Hajat Mustajab mudah-mudahan apa saja yang kita hajatkan di kabulkan oleh Alloh Swt. Semoga bermanfaat khususnya bagi kami umumnya buat kita semua amin. Sekian dan terimakasih. Wassalamu Alaikum Warrahmatullohi.Wabarakatuh